Senin, 10 Desember 2018

KARIES GIGI

"karies gigi"


Pengertian Karies

Karies gigi adalah penyakit jaringan gigi ditandai dengan adanya kerusakan jaringan yang dimulai dari permukaan gigi (ceruk, fisura, dan daerah interproksimal) meluas ke daerah pulpa. Karies gigi dapat dialami oleh setiap individu dan dapat timbul pada satu permukaan gigi bahkan bisa lebih, serta dapat meluas ke bagia yang lebih dalam dari gigi, misalnya dari daerah email ke daerah dentin bahkan sampai ke daerah pulpa. Karies dapat terjadi karena beberapa sebab, diantarnya adalah host, karbohidrat, mikroorganisme, dan waktu (tarigan, 2013).

proses terjadinya karies 

Proses terjadinya karies gigi dimulai dengan adanya plak di permukaan gigi, sukrosa (gula) dari sisa makanan dan bakteri berproses menempel pada waktu tertentu yang berubah menjadi asam laktat yang akan menurunkan pH mulut menjadi kritis (5,5) yang akan menyebabkan demineralisasi email berlanjut menjadi karies gigi. Secara perlahan-lahan demineralisasi internal berjalan ke arah dentin melalui lubang fokus tetapi belum sampai kavitasi (pembentukan lubang). Kavitasi baru timbul bila dentin terlibat dalam proses tersebut. Namun kadang-kadang begitu banyak mineral hilang dari inti lesi sehingga permukaan mudah rusak secara mekanis, yang menghasilkan kavitasi yang makroskopis dapat dilihat (Suryawati, 2010).




cara pencegahan karies 

  1. rajin menggosok gigi yaitu minimal 2xsehari pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, gunakan cara menggosok gigi yang baik dan benar.
  2.  jika gigi sudah terkena karies segera pergi ke klinik gig untuk  dilakukan penambalan.
  3. hindari makanan yang manis melekat
  4. sering konsumsi sayur dan buah yang berserat
  5. konsul ke tenaga kesehatan gigi  minimal 6 bulan sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar